Kementerian Koperasi dan UKM Dukung Penguatan SDI Pengawas Syariah

Bogor, 25-28/10/2018. Dalam upaya menguatkan Sumber Daya Insani Pengawas Syariah di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Perkoperasian Syariah bagi Pengawas Syariah KSPPS di Hotel Permata Jl. Raya Pajajaran, Bantarjati, Bogor, Jawa Barat pada hari Kamis-Ahad, 25-28 Oktober 2018.

Pelatihan ini terselenggara berkat kerjasama Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia Institute (DSN-MUI Institute) dengan Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK). DSN-MUI Institute adalah salah satu lembaga atau organ BPH DSN-MUI yang memiliki tugas menyelenggarakan pendidikan/pelatihan dan sosialisasi/literasi terkait Fatwa DSN-MUI. Sejak tahun 2017, DSN-MUI Institute telah bekerjasama dengan beberapa instansi antara lain: Kementerian Koperasi dan UKM RI, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, asosiasi dan lembaga keuangan syariah dalam melaksanakan pelatihan pengawasan syariah.

Para peserta berjumlah 30 (tiga puluh) orang dari beberapa daerah antara lain: Aceh, Jakarta, Bogor, Depok, Tasikmalaya, Pekalongan, Semarang, Yogyakarta, Tulung Agung, Sidogiri, Sampit dan Sorong. Mereka mendapatkan materi antara lain: Pengantar DSN-MUI dan DPS, Pengantar dan Regulasi Koperasi Syariah, Ushul Fiqh, Qawaid Fiqhiyyah, Akad-akad Syariah, Akuntansi Syariah, Pemasaran Syariah, Opini Syariah, Akta Perjanjian Syariah, Standard Operational Procedure dan Simulasi Produk Baru. Para pengajar pelatihan antara lain: Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H., Pristiyanto, M.M., Dr. Moch Bukhori Muslim, M.A., M Bagus Teguh Perwira, M.A., Dr. Muhammad Maksum, M.A., Muhammad Faiz, M.A., Abdul Mughni, M.A., dan Dr. M. Dawud Arif Khan, M.Si.

Demi menjaga kualitas pelatihan, DSN-MUI Institute mengadakan pre test dan post test dengan syarat nilai kelulusan peserta minimal 65 poin. Peserta yang gagal mencapai nilai minimal, diberikan 2 (dua) kesempatan untuk mengulang. Sertifikat pelatihan hanya diberikan kepada peserta yang sudah lulus. Manfaat sertifikat pelatihan dari DSN-MUI adalah sebagai salah satu syarat untuk dapat diajukan sebagai Dewan Pengawas Syariah di KSPPS berdasarkan ketentuan Pasal 15 Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah.

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE