DSN-MUI Institute Selenggarakan Pelatihan Fintek Syariah

Jakarta, 22/01/2019. Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) Institute menyelenggarakan Pelatihan Pendalaman dan Penerapan Fatwa DSN-MUI tentang Fintek Syariah di Gedung DSN-MUI Jl. Dempo No. 19 Pegangsaan, Jakarta pada hari Selasa, 22 Januari 2019 pukul 08.30-21.00 WIB. Peserta pelatihan ini memiliki latar belakang akademisi dan praktisi Fintek Syariah yang berjumlah 22 orang.

Tujuan utama pelatihan ini adalah memberikan edukasi dan literasi terkait penerapan Prinsip Syariah dalam kegiatan Fintek Syariah berdasarkan regulasi dan fatwa DSN-MUI. Para peserta diharapkan memahami aspek bisnis, hukum dan pengawasan fintek syariah sehingga mampu berperan dalam mengembangkan fintek syariah baik sebagai praktisi maupun pengawas syariah.

Pelatihan ini dibuka oleh Dr. Anwar Abbas, M.A., M.M., Sekretaris DSN-MUI dan diisi oleh para narasumber antara lain Adrian Gunadi (CEO Investree dan Ketua Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia), Ade Fauzan (Investree), Prof. Dr. Jaih Mubarok, M.A., Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H., dan Drs. Asep Supyadillah, M.Ag.

Adrian Gunadi menyampaikan tentang peran fintek sebagai salah satu kunci keuangan inklusif di dunia. Dari jenis-jenis fintek antara lain payments, lending, banking infrastructure, markets, investments & savings dan insurance, saat ini yang berkembang di Indonesia salah satunya lending  dengan produk peer to peer lending. Hingga saat ini 73 fintek lending sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Contoh fintek adalah Investree yang menghubungkan penerima pembiayaan dengan pemberi pembiayaan dengan cara yang lebih mudah, cepat dan efisien. Selanjutnya Ade Fauzan memperkuat pemahamana peserta dengan diskusi dan tanya jawab.

Prof. Dr. Jaih Mubarok, Wakil Ketua DSN-MUI dan Guru Besar Hukum Islam UIN Sunan Gunung Djati ini menyampaikan materi prinsip-prinsip muamalat dan akad-akad syariah. Pendalaman Fatwa DSN-MUI serta penerapannya terkait Fintek Syariah disampaikan oleh Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H. antara lain fatwa tentang EMoney dan Peer to Peer Lending. Adapun materi pengawasan syariah di industri fintek syariah disajikan oleh Drs. Asep Supyadillah, M.Ag. yang membahas regulasi dan peran Dewan Pengawas Syariah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya berdasarkan peraturan perundang-undangan dan Fatwa DSN-MUI.

Informasi terkait pelatihan fintek syariah dan pelatihan pengawasan syariah lainnya dapat menghubungi website http://dsnmuiinstitute.com/

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE