DSN-MUI Institute Selenggarakan Pelatihan Calon DPS di Awal Tahun 2019

Jakarta, 10/1/2019. DSN-MUI Institute kembali menyelenggarakan pelatihan calon Dewan Pengawas Syariah di awal tahun 2019 pada hari Kamis-Sabtu, 10-13 Januari 2019 di Gedung DSN-MUI Jalan Dempo No. 19 Pegangsaan, Jakarta Pusat. Selama 3 (tiga) hari, para peserta berjumlah 32 (tiga puluh dua) orang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan sendiri oleh DSN-MUI Institute.

Prof. Dr. Fathurrahman Djamil, M.A., wakil ketua DSN-MUI saat membuka acara menyampaikan bahwa ekonomi syariah terus berkembang di Indonesia dengan berbagai macam tantangan dan hambatan yang dihadapinya. DSN-MUI sebagai organ di bawah MUI berperan penting terhadap perkembangan ekonomi syariah khususnya dalam menerbitkan fatwa ekonomi syariah yang saat ini berjumlah 122 fatwa. Sebagai bentuk keterbukaan informasi, semua fatwa dapat diunduh melalui website https://dsnmui.or.id. Lebih lanjut lagi, guru besar UIN Syarif Hidayatullah ini menjelaskan tentang tugas fungsi dan wewenang DSN-MUI dan DPS kepada peserta.

Selama 3 (tiga) hari, para peserta mendaptkan materi ilmu dan keterampilan pengawasan di Lembaga Keuangan Syariah (LKS) secara teoritis dan praktis. Para pengajar antara lain Prof. Dr. Fathurrahman Djamil, M.A., Dr. Hasanudin, M.Ag., Cecep Maskanul Hakim, M.Ec., Dr. Setiawan Budi Utomo, Dr. Moch. Bukhori Muslim, Dr. M. Dawud Arif Khan, Pristiyanto, M.M. dan Muhammad Bagus Teguh Perwira, M.A.

DSN-MUI Institute terus memperbaiki kualitas pelatihan dengan melakukan perbaikan modul, soal ujian dan administrasi pelatihan. Beberapa kali modul ditelaah oleh pimpinan dan anggota DSN-MUI untuk mendapat saran dan koreksi. Begitu juga soal ujian (pre test dan post test) terus diperbaiki serta bank soal diperbanyak agar lebih bervariasi. Terkait administrasi pendaftaran peserta semakin diperketat kembali terutama syarat rekomendasi LKS bagi calon peserta yang mendaftar. Informasi agenda pelatihan di tahun 2019 dapat di akses melalui https://dsnmuiinstitute.com/.

Tak hanya melaksanakan sendiri, DSN-MUI Institute juga membuka peluang bekerjasama dalam melaksanakan pelatihan calon DPS dengan instansi pemerintah, asosiasi dan perguruan tinggi. Tercatat tahun 2018, DSN-MUI Institute telah melaksanakan pelatihan sebanyak 32 kali sepanjang tahun. Hal ini mendorong peningkatan jumlah alumni pelatihan DPS di DSN-MUI Institute.

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE