DSN-MUI Institute Rumuskan Program Kerja di Prigen

Pasuruan, 23/2/2019. Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) menyelenggarakan Rapat Kerja pada hari Rabu-Sabtu, 20-23 Februari 2019 di Hotel Surya Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Acara ini diikuti oleh Badan Pelaksana Harian dan karyawan DSN-MUI. Rombongan berangkat dengan bus pariwisata TRAC, anak perusahaan Astra yang menjadi sponsor dengan membiayai sewa bus dimaksud.

Kegiatan raker diawali dengan penyampaian arah kebijakan dan tata kelola DSN-MUI oleh pimpinan, antara lain Prof. Dr. Fathurrahman Djamil, Dr. K.H. Hasanudin, Prof. Dr. Jaih Mubarok dan Adiwarman A. Karim, MBA. Selanjutnya Bendahara DSN-MUI Dr. HM Nadratuzzaman Hosen menyampaikan laporan keuangan tahun 2018. Raker dilanjutkan dengan sidang komisi yang dibagi sesuai bidang antara lain Pimpinan, Perbankan, Pasar Modal, Industri Keuangan Non Bank, Industri Bisnis Ekonomi dan Edukasi Sosialisasi Literasi (DSN-MUI Institute).

DSN-MUI Institiute sebagai salah satu bidang DSN-MUI telah merumuskan program kerja untuk 1 tahun. Program pelatihan pengawas syariah tetap menjadi salah satu program unggulan, baik dilaksanakan secara mandiri di Gedung DSN-MUI maupun bekerjasama dengan mitra pemerintahan, asosiasi dan industri. Skema baru dalam pelatihan adalah menyediakan pelatihan khusus pengawas syariah bagi DPS Rumah Sakit Syariah dan pelatihan kompetensi syariah bagi Notaris. Selain itu, DSN-MUI Institute menyediakan skema pelatihan upgrading bagi DPS aktif/eksisting di industri jasa keuangan syariah dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan kompetensi kerja pengawas.

Selanjutnya, DSN-MUI Institute menginisiasi Pesantren Luhur Muamalah Maliyah yang bertujuan untuk mencetak cendekiawan yang kompeten dan unggul di bidang muamalah maliyah. Lokasi pesantren di Komplek Pamulang Permai 1, Jl. Bougenville III, Blok A-40/6, RT. 002/01 Pamulang, Tangerang Selatan. Info detail tentang pesantren dapat diakses melalui http://dsnmuiinstitute.com/pesantren-luhur/.

Dalam upaya menguatkan literasi, DSN-MUI Institiute akan menyelenggarakan konferensi yang mengundang para peneliti, akademisi dan praktisi mumalah maliyah untuk mempresentasikan makalah. Konferensi ini akan menjadi salah satu rangkaian acara Indonesia Sharia Economic Festival yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di akhir tahun 2019.

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE