Calon Pengurus DSN-MUI Perwakilan Ikuti Pelatihan Intensif

Jakarta, 8/12/2019. Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) telah mengeluarkan pedoman pembentukan DSN-MUI perwakilan. Salah satu unsur penting didirikannya DSN-MUI perwakilan adalah ketersediaan pengurus sekretariat yang memiliki akhlak mulia, integritas, komitmen dan pengetahuan ilmu syariah serta keuangan syariah yang mumpuni.

Dalam hal menyiapkan calon pengurus sesuai harapan, DSN-MUI melalui DSN-MUI Institute menyelenggarakan Pelatihan Calon Pengurus DSN-MUI Perwakilan Daerah pada hari Kamis-Ahad, 5-8 Desember 2019 di Gedung DSN-MUI Jl. Dempo No. 19 Pegangsaan, Jakarta Pusat.

Para peserta adalah utusan dari beberapa daerah antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Mereka mendapatkan materi-materi keilmuan syariah dan keuangan antara lain: Mengenal DSN-MUI, DPS dan DSN-MUI Perwakilan, Ushul Fiqh, Qawaid Fiqhiyyah, Prinsip Muamalah, Akad-akad Syariah dalam Fatwa DSN-MUI, Simulasi Akad, Pengantar Lembaga Keuangan Syariah, Teknik Menjalin Sinergi dengan Stakeholder dan Standar Kompetensi Pengawas Syariah.

Selama 4 hari para peserta mendapatkan kesempatan belajar dengan para asatidz Badan Pelaksana Harian DSN-MUI antara lain: Dr. K.H. Hasanudin, M.Ag., Prof. Dr. Jaih Mubarok, Adiwarman A Karim, S.E., MBA., Dr. Nadratuzzaman Hosen, M.Ec., Drs. Sholahudin Al-Aiyub, M.A., Drs. Asep Supyadillah, M.Ag., Ah. Azharuddin Lathif, M.H., M.Ag., dan Dr. Muhammad Bukhori Muslim, M.A.

Hanya peserta lulus ujian akhir (post test) yang mendapatkan sertifikat pelatihan. Bagi yang belum lulus diberikan ujian ulang sebanyak 2 kali. DSN-MUI mewajibkan calon pengurus memegang sertifikat kelulusan sebagai salah satu standar kompetensi anggota DSN-MUI Perwakilan Daerah.

Pelatihan yang diselenggarakan selama 4 hari ini merupakan pelatihan penyiapan pengurus DSN-MUI Perwakilan tahap kedua, tahap pertama telah dilaksanakan pada tahun 2017 yang diikuti oleh perwakilan 3 provinsi, yaitu MUI Jawa Timur, MUI Jawa Tengah, dan MUI Nusa Tenggara Barat.

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE