Alfedri mendorong Konversi Koperasi Konvensional Menjadi Syariah di Kabupaten Siak

Siak, 4/12/2019. Pelatihan Kopetensi Dewan Pengawas Syariah (DPS) diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Siak bekerja sama dengan Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI, pada tanggal 12-14 Desember 2019 yang betempat di Hotel Grand Royal Siak, sebagai upaya untuk mensukeskan program yang dicanangkan oleh Bupati Siak, Alfedri 

Pelatihan kopetensi DPS ini merupakan yang pertama di Provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Siak bertekad pada tahun 2020 seluruh koperasi di Siak dapat mengkonversi usahanya dari  konvensional menjadi Syariah. Program ini tak terlepas dari pertalian historis antara masyarakat dan pemerintah setempat dengan Kerajaan Siak Sri Indrapura yang merupakan Kerajaan Islam.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Dinas Koperasi dan UKM, tercatat sebanyak 210 koperasi aktif dari jumlah total 286 koperasi yang beroperasi di Kabupaten Siak. Kemudian dari jumlah koperasi tersebut terdapat 50 koperasi yang menyatakan siap untuk  mengkonversi usahanya menjadi Syariah.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Siak berharap dengan adanya pelatihan ini menjadi tahap awal perkembangan koperasi Syariah di Provinsi Riau, dan kabupaten Siak menjadi inspirasi bagi daerah-daerah lainnya untuk turut membumikan koperasi Syariah.

Materi pelatihan pengawas syariah adalah Mengenal DSN-MUI dan DPS, Ushul Fiqh, Qawaid Fiqhiyyah, Prinsip Dasar Muamalat, Akad-akad Syariah, Akuntansi Syariah, Akta Perjanjian Syariah, Standard Operating Procedure, Pemasaran Syariah, Opini Syariah dan Simulasi Uji Petik Produk Baru. Adapun para pengajar adalah Tim DSN-MUI Institute. Pelatihan diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test dengan syarat kelulusan minimal nilai akhir 65. 

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE