Memasyaratkan Ekonomi Syariah adalah Perjuangan dan Amal Saleh

Jakarta, 22/3/2018. Lembaga Keuangan Syariah (LKS) di Indonesia menghadapi banyak tantangan baik dari internal dan eksternal. Dari internal, LKS menghadapi tantangan dalam menjaga kinerja dan kualitas bisnisnya agar tetap mendapatkan kepercayaan masyarakat. Di sisi eksternal, LKS mendapat tantangan dari beberapa kelompok umat Islam yang “mempertanyakan” kesyariahan LKS.

Dr. Ir. H.M. Nadratuzzaman Hosen mendorong agar Dewan Pengawas Syariah (DPS) di LKS memasyarakatkan ekonomi syariah. “DPS wajib bekerja profesional dan memiliki kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat pelatihan Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia Institute (DSN-MUI Institute) dan uji kompetensi ¬†Lembaga Sertifikasi Profesi Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia Institute (LSP DSN-MUI). Selanjutnya, DPS wajib memasyarakatkan ekonomi syariah. Hal demikian merupakan bagian dari perjuangan dan amal saleh”, demikian poin sambutan beliau saat membuka Pelatihan Pengawas Syariah LKS yang diselenggaran DSN-MUI Institute di Gedung DSN-MUI¬†Jl. Dempo No. 19 Jakarta Pusat.

Pelatihan Pengawas Syariah yang diselenggarakan pada hari Kamis-Sabtu, 22-24 Maret 2018 diikuti oleh 45 peserta dari kalangan akademisi dan praktisi Keuangan dan Bisnis syariah.

Idealnya pelatihan pengawas syariah dilaksanakan selama 12 hari, namun demi efektivitas waktu dipadatkan dalam 3 hari. Oleh sebab itu, modul pelatihan berisi 750 halaman terasa sangat padat bagi para peserta.

Para pengajar pelatihan ini antara lain: Dr. Ir. M. Nadratuzzaman Hosen, Prof. Dr. Jaih Mubarok, , Cecep Maskanul Hakim, M.Ec., Kanny Hidaya, M.A., Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag, MH, Dr. Moch Bukhori Muslim, Pristiyanto, M.M., Moch. Bagus Teguh Perwira, M.A., M. Dawud Arif Khan, M.Si., dan Mahbub Ma’afi Ramdlan, S.Sy.

Peserta yang lulus ujian akhir akan mendapatkan sertifikat pelatihan. Adapun bagi peserta yang ingin memiliki sertifikat profesi dapat mengajukan ujian setelah lulus pelatihan ini ke LSP DSN-MUI. (HD)

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE