Pemprov Sumbar dan DSN-MUI Mendukung Peningkatan Jumlah Dewan Pengawas Koperasi Syariah

Padang, 4/4/2019. Semangat masyarakat Sumatera Barat untuk memilih dan menggunakan jasa keuangan syariah terus meningkat. Hal ini dibuktikan dengan banyak keinginan banyak anggota koperasi yang ingin mengkonversi lembaga keuangannya menjadi koperasi syariah. Upaya mengubah koperasi konvesional menjadi syariah perlu didukung oleh ketersediaan dewan pengawas syariah yang kompeten dan profesional.

Berdasarkan kondisi seperti ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meminta Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) untuk menyelenggarakan pelatihan pengawas syariah bagi pengurus dan calon pengawas syariah koperasi dan baitul maal wat tamwil di wilayah Sumatera Barat. Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Pemprov Sumatera Barat mengundang 60 (enam puluh) peserta serta membiayai seluruh kegiatan pelatihan mulai dari biaya pelatihan, penginapan, akomodasi dan transportasi. Bapak Donny Ubani, selaku Kepala UPTD Balai Latihan Koperasi Pemprov Sumbar menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan sumber daya insani pengawas syariah yang masih kurang jumlahnya. Pemprov Sumbar akan menganggarkan kembali pelatihan serupa pada tahun 2020 sebagai komitmen pemerintah mendukung ekonomi syariah di Tanah Minang.

Dalam menjaga kualitas pelatihan, DSN-MUI Institute membagi peserta menjadi 2 (dua) kelas dengan masing-masing 30 (tiga puluh) peserta. Para peserta mendapatkan materi antara lain: Pengantar DSN-MUI dan DPS, Ushul Fiqh, Qawaid Fiqhiyyah, Pengantar dan Regulasi Koperasi Syariah, Prinsip Dasar Muamalat, Akad-akad Syariah (Musyarakah, Mudharabah, Murabahah, Salam, Istishna, Ijarah, dll), Ta’widh dan Ta’zir, Akuntansi Syariah, Konsep Pemasaran Syariah, Standard Operating Procedure, Akta Perjanjian Syariah, Opini Syariah dan Simulasi Pengawasan/Uji Petik. Para pengajar antara lain Dr. K.H. Hasanudin, M.A., Prof. Dr. Jaih Mubarok, M.A., Ikhwan Abidin Basri, M.A., Dr. Muhammad Bukhori Muslim, M.A., Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H., Hidayatulloh, M.H., Welhendra, SE.Ak., M.M. dan tim pengajar dinas koperasi Pemprov Sumbar.

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE