DSN-MUI dan ASBISINDO Rumuskan Standarisasi Pembiayaan Sindikasi Syariah

Jakarta, 24/04/2019. Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) dan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (ASBISINDO) menyelenggarakan kegiatan workshop finalisasi standarisasi akad pembiayaan sindikasi syariah pada hari Rabu-Kamis, 24-25 April 2019 di Hotel Oria Jl. K.H. Wachid Hasyim No. 85 Jakarta Pusat. Peserta workshop ini adalah Badan Pengurus Harian DSN-MUI dan anggota ASBISINDO yang merupakan utusan bank-bank syariah. Pimpinan DSN-MUI Dr. K.H. Hasanudin, M.A., Prof. Dr. Jaih Mubarok, M.A., dan Adiwarman A. Karim, MBA hadir sebagai narasumber didampingi anggota BPH antara lain Kanny Hidaya, SE.,M.A., Ah. Azharuddin Lathif, M.Ag., M.H., Drs. Aminudin Yakub, M.A., Dr. Muhammad Maksum, S.H., M.A. dan Hidayatulloh, SHI., M.H.

Workshop ini bertujuan untuk menuntaskan perumusan standar dokumen pembiayaan sindikasi syariah yang sebelumnya sudah dibahas bersama antara DSN-MUI dan ASBISINDO pada hari Senin, 15 Oktober 2018 di Hotel Sofyan Jakarta. Standarisasi dokumen pembiayaan sindikasi syariah merupakan kebutuhan mendesak industri perbankan syariah karena banyak bank syariah yang sudah dan/atau akan menjadi peserta sindikasi pembiayaan, baik antar bank syariah atau pun antara bank syariah dengan bank konvensional untuk membiayai proyek jalan tol, bandara, dan pembangunan infrastruktur lainnya.

Pembiayaan sindikasi syariah memiliki beberapa isu kesyariahan yang memerlukan jawaban DSN-MUI, antara lain: ketentuan beberapa biaya/fee, pembebanan commitment fee, ta’zir, ta’widh, prepayment penalty, refinancing musyarakah mutanaqishah, underlying pembiayaan, agunan, penyelesaian sengketa, dan margin during construction. Dalam forum ini, DSN-MUI melakukan tashawwur secara praktis bagaimana kegiatan pembiayaan sindikasi syariah di industri perbankan syariah.

Setelah kegiatan ini, DSN-MUI akan mengeluarkan pedoman implementasi akad pembiayaan sindikasi syariah. Pedoman dimaksud akan menjadi rujukan utama bank syariah dalam menyusun perjanjian/kontrak pembiayaan sindikasi syariah. 

 

DSN-MUI INSTITUTE

DSN-MUI INSTITUTE